Rabu, 07 November 2012

Panca Indra Rohani

Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. 2 Timotius 3:16
Panca indra, saya yakin kata yang satu ini tidak asing bagi Anda. Kata ini mengenai indra-indra yang ada di dalam tubuh manusia, antara lain mata (indra penglihatan), telinga (indra pendengaran), kulit (indra perabaan), lidah (indra pengecap), dan hidung (indra penciuman). Anda patut bersyukur kepada TUHAN karena Dia telah memberikan kepada Anda panca indra dan semuanya berfungsi dengan sangat baik. Bayangkan jika ada salah satu indra kita yang tidak berfungsi! Banyak yang mengatakan bahwa jika ada salah satu indra kita tidak berfungsi, indra lainnya masih bisa berfungsi, bahkan ada indra yang lebih peka. Misalnya, pada orang buta, indra perabaan dan pendengarannya bisa diandalkan, dan juga pada orang tuli, indra perabaan dan penglihatan masih bisa berfungsi. Tetapi, renungan saya hari ini bukan tentang indra manusia, tetapi saya akan menjelaskan tentang panca indra rohani.
Apakah Anda sering jalan-jalan ke mall atau supermarket atau toko-toko di kota Anda? Saya yakin beberapa dari Anda, para pembaca setia Ministries, pasti pernah pergi ke sana. Biasanya, di mall atau supermarket atau toko, banyak barang yang bisa Anda lihat, lalu Anda pilih dan beli. Dalam situasi ini, pasti Anda teliti baik dalam melihat kualitas barang dari luar dan dalamnya, karena saya yakin Anda mengejar kepuasan dari barang yang Anda beli nantinya.
Tetapi, ironisnya, mengapa dalam masalah-masalah hidup yang penting seperti ini, Anda tidak dapat seteliti ketika Anda membeli barang-barang di mall atau supermarket atau di toko? Masalah-masalah entah keuangan, pacar, keluarga, atau pekerjaan, cobalah renungkan, apakah Anda pernah dalam masalah-masalah seperti itu Anda terlalu cepat mengambil keputusan!
Sebagai seorang remaja Kristen yang baik, saya merasa miris melihat kondisi anak muda masa kini, yang semakin tidak mempedulikan TUHAN. Banyak anak-anak muda Kristen yang mulai melarikan diri kepada hal-hal yang tidak baik, misalnya narkoba, minuman keras, dugem, atau pacaran yang melebihi batas wajar. Jika cerminan Anda dalam menyelesaikan masalah adalah terlalu cepat mengambil keputusan, dan kemudian menyesalinya, apa gunanya panca indra rohani Anda, jika tidak bisa seteliti panca indra jasmani Anda?
Di sinilah Anda harus belajar bagaimana mengembangkan panca indra rohani Anda. Mata untuk melihat Firman TUHAN, telinga untuk mendengarkan Firman TUHAN, lidah untuk memuliakan nama TUHAN, hidung untuk mencium segala kebaikan yang TUHAN berikan kepada kita, dan kulit untuk merasakan bahwa TUHAN dan oknum-oknumNya selalu ada di hati kita. Tidak ketinggalan, doa sebagai penyuplai daya rohani Anda, supaya bisa mengembangkan panca indra rohani Anda menjadi lebih baik. Nah, sudahkah Anda melakukan hal-hal tersebut di atas?
PESAN : Banyak sekali orang-orang Kristen yang mengalami masalah-masalah penting dalam hidup, di mana mereka terlalu cepat dalam mengambil keputusan. Ingatlah bahwa panca indra rohani juga perlu dirawat, supaya Anda dapat selalu mendekatkan diri kepada TUHAN.
DOA : Ya TUHAN, aku bersyukur kepadaMu karena Engkau memberikanku panca indra, dan semuanya masih dapat berfungsi dengan baik. Namun, kini aku menyadari, bahwa bukan hanya itu yang Engkau berikan, tetapi Engkau juga memberikanku panca indra rohani. Berikanlah aku kekuatan agar aku dapat mengembangkan panca indra rohani itu supaya aku bisa semakin dekat denganMu. Dalam nama Yesus, Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar