Jumat, 15 Maret 2013

Hati-hati dengan Perkataan


Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman. Matius 12:36
Bacaan Alkitab Setahun : Amsal 4:23
Beberapa waktu yang lalu, pernah diadakan suatu survei pada 1.000 orang dewasa di Meksiko. Mereka ditanyai, berapa kali mereka mengumpat dalam sehari. Hasil survei mengatakan, dalam satu hari, sese-orang mengumpat sebanyak 20 kali, dan ternyata hanya 1% dari jumlah penduduk yang tidak pernah mengumpat sedikitpun! Contoh, jumlah penduduk Indonesia, sebagaimana dilansir The Science Magazine, pada bulan Mei 2010 mencapai 237.556.363 orang, bila dihitung berapa kali semua penduduk Indonesia mengumpat, maka dalam sehari adalah 4.751.127.260 kali mereka mengumpat!
Dari studi kasus di atas, saya dapat mengerti (dan Anda juga) bahwa Anda harus berpikir dahulu sebelum berbicara. Kita sebagai anak-anak TUHAN, harus berkata benar. Bila tidak, akan menjadi suatu bahaya besar bagi kita. Nah, yang perlu Anda tahu adalah perkataan yang baik itu seperti apa? Perkataan yang baik adalah perkataan yang memuliakan TUHAN.
Dalam ayat Amsal 4:23, yang berbunyi, “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan”, kita dapat menyimpulkan bahwa perkataan yang keluar dari mulut kita adalah berasal dari hati kita. Kita harus menjaga hati agar kita dapat mencegah perkataan kotor keluar dari mulut kita. Dalam ayat Amsal 4:24 yang berbunyi, “Buanglah mulut serong dari padamu dan jauhkanlah bibir yang dolak-dalik dari padamu.” menjelaskan bahwa dari pada kita harus dibuang segala perkataan yang tidak berkenan di hadapan TUHAN.
Bila kita sudah mengumpat, apa akibatnya? Dalam Matius 12:36, Yesus mengatakan bahwa segala perkataan kita yang tidak berkenan di hati TUHAN akan dihadapkan pada penghakiman ALLAH. Kita sebagai anak-anak ALLAH, harus hidup dengan memuji nama TUHAN. Jadilah teladan bagi orang lain melalui perkataan kita. Ada lagi sesuatu yang paling membahayakan, yaitu ketika kita marah sambil mengumpat, akan menjadi suatu dosa yang besar, pertama karena marah, dan kedua karena kita mengumpat. Karena itu, saran saya adalah tahanlah emosi Anda, dan jangan sampai ada perkataan kotor keluar dari mulut Anda. Ingatlah, dari hati yang baik, akan keluar perbendaharaan kata yang baik, sebaliknya, dari hati yang buruk, akan keluar perbendaharaan kata yang buruk.
PESAN : Kita sebagai anak-anak TUHAN harus memuji dan memuliakan TUHAN, dengan cara tidak mengumpat, mengeluarkan kata-kata kotor dari mulut Anda, yang justru akan merusak kehidupan rohani Anda. Pencegahannya, jagalah hati Anda, supaya tetap berkenan kepada ALLAH.
DOA : Ya TUHAN, ampunilah aku bila keluar perkataan-perkataan kotor, yang tidak berkenan di hadapanMu. Kiranya tolonglah aku, supaya aku dapat menjaga hati, karena dari hati yang baik, akan keluar perbendaharaan kata yang baik. Dalam nama Yesus, Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar