Selasa, 21 Agustus 2012

Tutorial Kehidupan Manusia Baru

Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah. Matius 4:4
Bacaan Alkitab Setahun : Matius 3:15, 4:4, Lukas 18:1–8, Yudas 1:20, 2 Timotius 3:16, Ibrani 10:25, Yohanes 15:27, Yakobus 2:22
Renungan hari ini adalah lanjutan dari renungan sebelumnya, Manusia Baru. Perbedaannya, pada renungan sebelumnya, kita membahas tentang manusia baru secara mendasar dan hal-hal yang perlu ditanggalkan dari manusia lama, pada renungan kali ini kita akan mendalami kehidupan manusia baru.
Kehidupan manusia baru Anda telah dimulai ketika Anda berpaling dari dosa dan bertumbuh dengan TUHAN. Secara umum, ada 6 tahapan kehidupan manusia baru yang harus Anda lakukan, yaitu :
Bersedia untuk dibaptis dalam air dan Roh. Yesus memberikan teladan kepada Anda, melalui peristiwa pembaptisanNya oleh Yohanes Pembaptis (Matius 3:15). Anda pasti bertanya-tanya, mengapa Yesus juga dibaptis, padahal Yesus sendiri adalah Putra ALLAH? Bila Anda membaca secara cermat Matius 3:15, maka Anda akan menemukan, bahwa Yesus melakukan hal itu untuk menggenapi kehendak ALLAH, sekaligus memberikan teladan bagi Anda. Karena itu, bila Anda memiliki iman kepercayaan kepada Kristus, dan rindu untuk menjadi anak ALLAH, maukah Anda dibaptis dalam air dan Roh?
Berdoa. Dalam keseharian, Anda sering mendengarkan kata-kata bijak berikut, “Doa adalah nafas hidup anak-anak TUHAN.” Ini berarti bahwa kehidupan rohani Anda sangat bergantung pada doa-doa Anda. Kekuatan iman Anda juga bergantung pada doa-doa tersebut. Ketika Anda terus memupuk iman, maka doa-doa yang Anda panjatkan pun tidak pernah berhenti, dan ALLAH akan menjawab doa-doa itu tanpa mengulur-ngulur waktuNya (Lukas 18:7).
Membaca Firman TUHAN. Kalau doa adalah “nafas hidup” rohani Anda, maka Firman TUHAN adalah “makanan” bagi rohani Anda. Alasannya, karena roh Anda bukanlah roh dari dunia, melainkan roh dari ALLAH. Firman TUHAN yang dimaksud adalah Firman yang keluar dari mulut ALLAH (Matius 4:4). Ingat, tubuh Anda butuh nutrisi, begitu juga roh Anda, juga membutuhkan nutrisi, berupa Firman ALLAH yang ada di Alkitab. Tulisan-tulisan dalam Alkitab ini diilhami oleh ALLAH (2 Timotius 3:16), sehingga bermanfaat bagi rohani Anda.
Persekutuan. Anda sebagai orang Kristen bukanlah orang Kristen yang eksklusif (tertutup), melainkan terbuka dalam persekutuan. Inilah yang menjadi ciri utama orang-orang Kristen pada umumnya, yaitu selalu bersekutu dalam kumpulan orang-orang percaya (Ibrani 10:25). Persekutuan orang-orang Kristen paling mudah ditemukan di dalam Gereja, karena Gereja adalah komunitas orang-orang yang percaya kepada Kristus. Pertumbuhan persekutuan ini bergantung bukan pada anggota-anggotanya, melainkan pada Kristus sendiri.
Kesaksian. Menjadi orang Kristen berarti harus siap mendapatkan tugas utama dari ALLAH, yaitu bersaksi. Bersaksi akan kebaikan TUHAN yang sudah kita terima kepada orang lain. Secara Kristiani, bersaksi adalah suatu kewajiban, karena kita sudah menerima Yesus sebagai Juruselamat dan meneladani kewajibanNya, yaitu bersaksi.
Pelayanan. Pelayanan adalah tanggung jawab bagi semua orang beriman. Iman menjadi sempurna karena adanya perbuatan, karena iman dan perbuatan bekerjasama (Yakobus 2:22). Anda harus bisa mewujudkan iman dalam perbuatan, begitu juga perbuatan harus didasarkan pada iman. Jangan sampai antara  perbuatan dan iman ada yang jomplang (tidak seimbang). Misalnya, Anda hanya mendengarkan Firman TUHAN, tetapi Anda tidak menyaksikannya kepada orang lain, ibarat Anda berkepala besar tetapi berkaki kecil (seperti penderita Hydrocephallus). Apalagi kalau Anda hanya melayani, tetapi pemahaman Anda akan Firman TUHAN sangat kurang, lebih parah lagi, ibarat Anda berkaki besar tapi berkepala kecil!
Tutorial ini sebenarnya sulit, namun sebenarnya juga mudah untuk dilakukan. Karenanya, Anda harus melalui tahap-tahap ini dengan sepenuh hati. Kalau Anda gagal dalam menjalaninya, jangan putus asa. Lakukan lagi dan lagi, hingga Anda berhasil menjalaninya. Saya yakin Anda pasti bisa melakukannya. Do the best, give the best, and you will get the best.
PESAN : Jalanilah kehidupan Anda sebagai manusia baru dengan sepenuh hati. Kalau Anda mengalami kegagalan, janganlah putus asa, cobalah kembali hingga Anda menjadi manusia baru yang berkenan di hadapan ALLAH,
DOA : Ya Tuhan, hari ini aku belajar bagaimana aku menjalani kehidupanku sebagai ciptaanMu yang baru. Tolonglah aku agar aku dapat menjalani itu semua. Jauhkanlah aku dari dosa-dosa manusia lamaku. Dalam nama Yesus, Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar