Senin, 10 Juni 2013

Duri dalam Daging

Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena pernyataan-pernyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri. 2 Korintus 12:7
Bacaan Alkitab Setahun : 2 Korintus 12:7–10
Pernahkah Anda mengalami pengalaman tertusuk duri dalam daging? Ataukah pernah Anda memakan ikan yang banyak durinya lalu duri tersebut menancap di tenggorokan Anda? Mungkin Anda semua pernah mengalami hal seperti ini. Saya pun juga pernah mengalaminya, dan yang pasti, ketika mengalami hal itu, semua pasti merasakan sakit, pedih, dan juga rasa terluka. Namun pada renungan kali ini kita tidak akan membahas hal tersebut, tetapi kita akan membahas duri dalam daging, seperti yang telah kita baca dalam 2 Korintus 12:7–10.
Jika kita membaca ayat tersebut, ternyata Rasul Paulus juga merasakan duri dalam daging tersebut, yang sudah dialaminya dalam penganiayaan, siksaan, dan penderitaan oleh karena tugasnya mewartakan Kristus. Dalam kehidupan sehari-hari pun kita sering mengalami duri dalam daging tersebut, dalam bentuk cobaan-cobaan yang kita alami, misalnya kita diputuskan hubungan oleh pacar kita, diperbudak oleh hal-hal yang tidak baik seperti pornografi dan narkoba, kesedihan karena ditinggalkan orang tua atau orang yang sangat kita cintai, dan lain sebagainya.
Mengapa ada duri dalam daging? Ternyata, setelah kita membaca ayat 7 sampai 9, ternyata duri dalam daging itu terjadi karena banyak orang yang sombong karena merasa dirinya hidup kudus, selalu mendapat pertolongan dari Tuhan, yang pada akhirnya dia akan direndahkan melalui duri dalam daging tersebut. Sekalipun begitu, duri dalam daging juga mempunyai dampak positif dalam kehidupan rohani kita. Terlihat pada ayat 9, duri dalam daging membuat kuasa Tuhan menjadi sempurna. Maksudnya, kuasa Tuhan yang sempurna itu terjadi ketika kita datang kepadaNya dan meminta tolong kepadaNya, maka kuasa itu akan dinyatakan olehNya.
Kita sudah mengetahui apa itu duri dalam daging dan mengapa itu terjadi, sekarang bagaimana kita dapat menang dari duri dalam daging itu? Caranya, semakin mendekatkan diri kepada Tuhan dan percaya kepadaNya bahwa Tuhan memberikan kekuatan bagi kita sehingga kuasaNya dapat dinyatakan secara sempurna kepada kita.
PESAN : Tetaplah dekat dengan TUHAN dan percayalah bahwa kuasaNya akan sempurna ketika kita mendapatkan duri dalam daging.
DOA : Ya TUHAN, aku tahu bahwa kadang Engkau mengijinkan adanya duri dalam daging dalam kehidupanku, yaitu cobaan-cobaan yang menghadangku, sehingga aku dapat semakin dekat kepadaMu dan kuasaMu Kau nyatakan secara sempurna dalam kehidupanku. Tegarkanlah diriku dalam menghadapi duri dalam dagingku ini. Dalam nama Yesus, Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar